VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Sabtu

MENGHIJAUKAN SEKOLAH

AMBIL MANFAAT RTH 30%

Pemanasan global mengakibatkan berubahnya siklus iklim yang begitu ekstrem, memandang itu semua sekolah sebagai lingkungan intelektual setidaknya memberikan nuansa keilmuan dan kemanfaatan secara langsung yang berhubungan dengan penghijauan. Bukan jadi satu tindakan yang harus ditunda lagi manakala dunia ini sudah menunjukkan ketidakramahan pada iklimnya, barangkali suasana saat ini tidak sama dengan suasana udara pada duapuluhan tahun lalu. Rusaknya alam berangkat dari kemajuan ilmu dan teknologi untuk itu sepantasnyalah kita yang berada di lingkungan pengemban ilmu pengetahuan untuk mengkampanyekan penghijauan.

Dalam peraturan tentang Ruang Tata Hijau (RTH) diisyaratkan bahwa kota harus memiliki 30% wilayahnya merupakan ruang hijau yang artinya kota harus menyisakan 30% luas keseluruhan wilayahnya untuk penghijauan. Tidak hanya berbentuk taman kota, instansi pemerintah/swasta hingga sekolah sekalipun harus mulai menghijaukan lahannya dengan tanaman-tanaman rindang dan menahun serta jenis bunga yang bertahan dalam cuaca panas.

Setidaknya dengan melakukan penghijauan di sekolah kita melakukan sebuah misi menyelamatkan bumi, mengapa? Karena kita menyumbang peran yang berupa:

  1. ikut menambah fungsi penghijauan sebagai paru-paru sekolah yang menciptakan suasana sejuk dan rindang.
  2. ikut melancarkan sirkulasi udara/siklus pernapasan.
  3. ikut serta melestarikan dan menciptakan suasana indah.
  4. ikut serta melestarikan dan memelihara sumber air tanah.
  5. ikut serta menyumbang laboratorium mini.
  6. ikut serta mengembangkan kurikulum sekolah berbasis lingkungan.
Setidaknya tulisan ini merupakan refleksi dari sekolah yang mengikuti lomba adi wiyata dan adipura yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2012 yang lalu. Semoga SMP Negeri 2 Banyuwangi menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan.

Tidak ada komentar: