VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Senin

MOS 2015

Masa Orientasi Siswa 2015

Pembukaan Pra MOS
Bertempat di halaman upacara SMP Negeri 2 Banyuwangi pada tanggal 13 Juli 2015 bertepatan di hari Senin berkumpul sebanyak 288 siswa baru untuk menjalani Pra Masa Orientasi Siswa (MOS) yang dibuka oleh Urusan Kesiswaan Bapak Winarno dan didampingi oleh Pembina OSIS Bapak Ahmad Amin Udin, kegiatan Pra MOS yang dilakukan sebagai salah satu cara mengenalkan lingkungan yang serba baru ini terdiri dari beberapa season MOS yaitu Pra MOS I tanggal 13 Juli, Pra MOS II tanggal 25 Juli 2015 dan MOS dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 29 Juli 2015.

Dalam kegiatan Pra MOS ini siswa dikenalkan dengan lingkungan sekolah barunya terutama dengan guru, kakak OSIS serta potensi di SMP Negeri 2 Banyuwangi yang masih belum sepenuhnya diketahui oleh siswa. Misalnya saat Pra MOS kedatangan siswa baru sudah disambut sejak pukul 06.30 oleh kakak OSIS serta guru masih banyak dijumpai siswa masih belum terbiasa saling tegur, sapa, senyum dan sapa padahal kebiasaan ini harus terbawah sejak siswa masuk pertama kali di SMP Negeri 2 Banyuwangi. Dengan lingkungan sekolah baru dengan adat berbeda tentunya menjadi satu kewajiban OSIS dan guru berperan di bagaian depan untuk mengenalkan budaya yang pasti berbeda dengan saat di sekolah dasar.

Mencairkan Suasana Kelas MOS
Kegiatan MOS sendiri dititik beratkan pada kegiatan yang tanpa adanya perpeloncoan siswa digiring untuk menjalani MOS dengan  perasaan senang. Selama kegiatan Pra MOS siswa diperkenalkan juga dengan Mars Sekolah dan lagu-lagu Nasional tidak hanya bernyanyi siswa juga diajak melakukan dan mempraktikan salam sekolah sebagai sarana untuk mencairkan suasana. barangkali suasana kelas juga masih tidak terlalu bergairah karena pada Pra MOS ini banyak dari satu siswa dengan siswa lainnya masih belum saling kenal sehingga dari OSIS melakukan kegiatan menyenangkan berupa permainan untuk saling mengenalkan diri.

Bila dilihat pertama kali bisa dikata siswa baru masih terlihat tidak teratur misalkan bagaimana dengan potongan rambutnya, sehingga dalam Pra MOS ini berbagai aturan untuk siswa juga disampaikan yaitu untuk perempuan mengenakan pita warna hijau dengan dikepang dua, sedangkan lelaki diharuskan bercukur dengan rapi. Untuk memudahkan interaksi antar siswa baru posisi duduk pun diatur dengan membentuk 6 kelompok sehingga dengan jumlah per kelas 36 tentunya dapat terbentuk 6 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 6 siswa baru.

Dalam acara penutupan MOS 2015 pembina OSIS selaku ketua pelaksana MOS mengungkapkan harapannya agar setelah mengikuti masa orientasi siswa, siswa baru dapat meneladani perjuangan dan nilai-nilai luhur Pancasila dengan harapan terciptanya generasi emas yang kedepan menjadi insan berprestasi bermoran dan senantiasa sadar akan pentingnya keseimbangan lingkungan hidup. Hal ini senada dengan dikumpulkannya pohon palm dalam rangka sedekah oksigen.
 

Tidak ada komentar: