VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Jumat

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Pengenalan Lingkungan Sekolah
Bagi Siswa Baru SMP Negeri 2 Banyuwangi

     Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dikhususkan untuk menyambut siswa baru SMP Negeri 2 Banyuwangi dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 Juli 2016 sebelumnya pada tanggal 16 Juli 2016 diadakan kegiatan Pra-PLS yang bertujuan untuk menyamakan visi misi pada kegiatan yang sebelumnya diistilahkan dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau pun istilah lainnya yang ternyata dipandang tidak mendidik dan mempunyai banyak permasalahan bagi siswa baru, secara psikologis istilah "orientasi" menimbulkan pandangan yang tidak baik bagi seorang siswa bahkan orang tua sekalipun karena istilah tersebut lebih mengarah pada perpeloncoan.
     Dengan peraturan baru Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru mengharap tidak adanya lagi kegiatan yang menjurus pada kegiatan perpeloncoan semisal memberikan tugas yang aneh-aneh dengan menghitung semut, menghitung gula, bahkan menghitung jumlah nasi yang tersisa atau ada yang ekstrim dengan memakan makanan sisa teman. Peraturan baru ini lebih menitik beratkan pada tugas guru untuk terjun langsung dan berperan lebih di dalam kegiatan PLS dibandingkan dengan panitia PLS yang diwakili siswa-siswi yang tergabung dalam OSIS.
     Sesuai dengan istilahnya Pengenalan Lingkungan Sekolah, PLS nantinya merupakan satu perantara untuk memperkenalkan lebih jauh tentang kondisi sekolah yang saat ini merupakan tempat belajar baru dengan suasana baru pula dan memiliki beragam sifat, prilaku, bangunan fisik sampai pada wajah-wajah baru tenaga pengajarnya.
     Kegiatan-kegiatan atau pun pembiasaan yang nantinya diperkenalkan pada siswa adalah selamat pagi anakku pada kegiatan ini jam pertama masuk siswa sudah dibiasakan masuk dengan disambut bapak/ibu guru maupun anggota OSIS dengan senyum, salam dan sapa yang selanjutnya pembiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya, untuk memulai pelajaran dilakukan pembacaan kitab suci.
     Berikut beberapa kegiatan yang nantinya disampaikan untuk peserta PLS siswa baru SMP Negeri 2 Banyuwangi, yaitu:
  1. Pengenalan visi misi sekolah, program sekolah dan ekstrakurikuler sekolah.
  2. Mengenal cara belajar, budaya dan  tata tertib sekolah.
  3. Mengenal fasilitas saran dan prasarana sekolah.
  4. Mengenal etika berkomunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara dengan bahasa santun, salam, senyum, sapa.
  5. Menanamkan dan menumbuhkan akhlak mulia dan berkarakter dengan melatih ibadah shalat dhuha, memelihara lingkungan sekolah.

Tidak ada komentar: