VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Sabtu

PERSAMI 2018

PERSAMI Tamu Penggalang
SMP Negeri 2 Banyuwangi Tahun 2018

    Pelantikan PRAMUKA tamu penggalang gugus depan SMP Negeri 2 Banyuwangi tahun 2018 merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk mengenalkan kepada tamu penggalang tentang materi PRAMUKA Penggalang serta sebagai upaya menerima tamu penggalang menjadi anggota penggalang PRAMUKA Gugus Depan SMP Negeri 2 Banyuwangi, disamping itu pula kegiatan persami ini sebagai salah satu kegiatan penempuhan Tanda Kecakapan Umum dan Tanda Kecakapan Khusus.
    Kegiatan yang diikuti oleh 256 peserta ini berlangsung dari tanggal 15 - 16 September 2018 bertempat di halaman SMP Negeri 2 Banyuwangi. Pembukaan secara resmi dilakukan oleh pembina PRAMUKA bapak Drs. T. Gunawan. Dalam sambutanya pembina menyampaikan pesan kepada seluruh peserta agar benar-benar mengikuti seluruh kegiatan yang disiapkan oleh kakak-kakak pembina dengan baik. 
    Selanjutnya bapak kepala sekolah bapak Subiyantoro, M.Pd sebaga Ka Mabigus dalam acara api unggun menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan pelantikan PRAMUKA bertujuan untuk menciptakan jiwa disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi serta menjadi insan yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    Setelah kegiatan penyalahan api unggun dilakukan dengan ditandai semakin membaranya api unggun, satu per satu peserta perkemahan melanjutkan dengan unjuk kreasi seni. Berbagai bentuk atraksi di tampilkan seperti menyanyi, paduan suara, gitar klasik, tari dan puisi. Usai kegiatan api unggun peserta perkemahan beristirahat untuk melakukan kegiatan pagi harinya.
    Kegiatan pagi tanggal 16 September diawali dengan penjelajahan pagi sebagai salah satu syarat menempuh tanda kecakapan khusus berupa kemampuan membaca jejak, serta susur sungai. Penjelajahan sendiri terdiri dari enam pos yang terdiri dari:
  • Pos I, merupakan pos SKU No. 16 menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu daerah.
  • Pos II, penempuhan TKK Halang rintang
  • Pos III, merayap
  • Pos IV,  SKU No. 25 sandi
  • Pos V, SKU No. 24 kompas
  • Pos VI, SKU No. 23 menyambung dua tongkat
 Selanjutnya kegiatan persami ditutup dengan melakukan pelantikan tamu penggalang menjadi penggalang yang dilakukan oleh Ka Mabigus, yang saat pelantikan dilakukan oleh Bapak Ahmad Zainul Arifin, S.Ag. Dalam kesempatan pelantikan Ka Mabigus menyatakan dan mengesahkan adik-adik tamu penggalang resmi menjadi penggalang Gugus Depan SMP Negeri 2 Banyuwangi.
 
Pembukaan Persami Tamu Penggalang SMP Negeri 2 Banyuwangi
Penghormatan Bendera SMP Negeri 2 Banyuwangi
Pembukaan PERSAMI PRAMUKA SMP Negeri 2 Banyuwangi



Penyematan Tanda Peserta Tamu Penggalang
Penyematan Untuk Putra PRAMUKA SMP Negeri 2 Banyuwangi
Penempuhan Tanda Kecakapan Khusus Kerohanian SMP Negeri 2 Banyuwangi
PRAMUKA SMP Negeri 2 Banyuwangi Menempuh TKK
Api Unggun SMP Negeri 2 Banyuwangi
Pembina PRAMUKA SMP Negeri 2 Banyuwangi
Langkah Api Unggun SMP Negeri 2 Banyuwangi
Api Unggun SMP Negeri 2 Banyuwangi SIap Menyala

Senam Pagi Gudep SMP Negeri 2 Banyuwangi
Pos menyambung dua tongkat Gudep SMP Negeri 2 Banyuwangi
Pelantikan Tamu Penggalang SMP Negeri 2 Banyuwangi

Tidak ada komentar: