VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Rabu

TPS DAN TRIK

TIPS MEMILIH SEKOLAH


Sekolah itu penting, tapi bukan yang terpenting. Ilmu kehidupan jauh lebih penting. Karena banyak orang sukses (mungkin secara materi) bukan karena mereka “pintar” di sekolah, bahkan bisa dikatakan “bodoh” di sekolah seperti Thomas Alfa Edisson.
Berdasarkan fakta yang ada, banyak orangtua lebih cenderung memilih sekolah “favorit” untuk anaknya, orangtua kerap tak lagi memperhitungkan apakah anaknya bisa belajar dengan nyaman di sekolah tersebut, atau apakah benar sekolah tersebut sesuai dengan kematangan kepribadian dan kemampuan anak. Yang ada hanyalah perasaan aman orangtua karena merasa telah memberikan yang terbaik untuk anaknya atau sekedar jaga “gengsi” saja.
Untuk itu sedikit tips di bawah ini barangkali dapat menjadi jalan keluar bagi orangtua yang berkeinginan menyekolahkan anaknya di sekolah yang “baik”:
1.      Membuat daftar nama-nama sekolah untuk mempermudah observasi.
2.      Pilih sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah.
3.      Memastikan tenaga pengajarnya berkualitas baik dan memiliki perhatian besar terhadap kebutuhan murid.
4.      Sekolah memiliki program, visi dan misi yang baik.
5.      Sekolah memiliki fasilitas yang dapat menunjang dengan baik kegiatan belajar.
6.      Perhatikan banyaknya siswa yang diterima dengan banyaknya kelas, semakin kecil siswa di dalam kelas  maka akan semakin besar perhatian seorang guru.
7.      Pilih sekolah yang sesuai dengan kondisi keuangan.
8.      Carilah perbandingan/referensi tentang sekolah dari orang tua lain, yang pernah menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.
9.      Bicarakan sekolah yang dimaksud dengan anak, agar sesuai dengan karakter anak.
Sekolah yang baik adalah sekolah yang menempatkan proses pendidikannya sungguh menjadi alat pembebasan, media pencerahan dan pemberdayaan diri. Pendidikan sungguh dimaknai sebagai upaya untuk membantu manusia (peserta didik) menemukan hakikat kemanusiaannya. Ini penting, di tengah perubahan zaman dengan segala dampaknya saat ini, membelajarkan anak agar menjadi pribadi-pribadi yang tahan uji (bermoral-berintegritas) dan berkarakter adalah kemutlakan. Semoga tips ini bermanfaat.
TIPS DAN TRIK YANG LAIN:

Tidak ada komentar: