VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Rabu

ASAL USUL ISTILAH BLOG

MENELUSURI ISTILAH BLOG
oleh: Ahmad Amin Udin, S.Pd, S.ST

Antara blog dan website sangatlah berbeda tipis, ada beberapa kalangan yang menganggap blog adalah sebuah website, dan sebagian kalangan juga ada yang menganggap blog bukanlah sebuah website. Terlepas dari itu semua, kita hanya dapat membedakan antara blog dan website adalah dilihat dari:
  1. Komersial, website merupakan sebuah situs yang komersial (berbayar) sedangkan blog merupakan website yang gratis. Untuk saat ini blog juga menawarkan yang berbayar yang pada akhirnya menjadi sebuah website.
  2. Content/isi, lebih detail dan spesifik sebuah website memiliki arti khusus bagi sebuah perusahaan/instansi atau individu  sedangkan blog dibuat sebagai sarana mengungkapkan "rasa" pendapat, opini dan ide-ide.
Dua pendapat di atas adalah pendapat pribadi yang mewakili ungkapan pribadi dalam perbedaan mengenai istilah blog. Terlepas dari itu semua istilah blog berawal dari tahun 1997 dimana Jom Barger menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata "logging the web". hingga tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog hingga dibuat pendek menjadi blog.
Pada Juli 1999 Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog, pada saat inilah semakin tenarnya istilah blog, untuk saat ini semakin banyak web service yang menyediakan pembuatan blog/website gratis, seperti: webs.com, wordpress.com, web50.com, dsb.
 
sumber: http://bloggingly.com/sejarah-asal-usul-kemunculan-blog/

Tidak ada komentar: