VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Selasa

HARI KARTINI

Nuansa Kebaya Kartini

Raden Ajeng Kartini atau Raden Ayu Kartini merupakan sosok wanita yang sangat antusias dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kartini sangat gemar membaca dan menulis, karena dipingit Kartini muda tidak dapat meneruskan sekolah tapi dengan semangat dan tekad bulat untuk belajar mulailah Kartini mengembangkan kemampuan belajar menulis dan membaca bersama teman sesama perempuan dan juga belajar bahasa Belanda.
Setelah wafat, seorang Menteri Kebudayaan, Agama dan Kerajinan Hindia Belanda Mr. J.H Abendanon mulai membukukan surat menyurat Kartini dengan teman-temannya di Erpoa dengan judul ""DOOR DUISTERNIS TOT LICHT" yang artinya "Habis Gelap Terbitlah Terang".
RA Kartini sendiri adalah pahlawan yang mengambil tempat tersendiri di hati kita dengan segala cita-cita, tekad, dan perbuatannya. Ide-ide besarnya telah mampu menggerakkan dan mengilhami perjuangan kaumnya untuk lepas dari diskriminasi.
Saat ini untuk mengenangnya generasi muda khususnya generasi muda di SMP Negeri 2 Banyuwangi turut serta dengan membangun kebersamaan, semangat dan kerjasama ikut serta menjiwai perjuangan RA. Kartini dengan mengekspresikan diri dalam kegiatan lomba-lomba keputrian misalkan dengan kegiatan meracik rujak, menyajikan rujak, Kartini spektakuler, Kartini berprestasi, dan kreasi Kebaya Kartini. Nuansa Kebaya menambah kemeriahan acara dengan dandanan muda mudi berkebaya dan berjas untuk lelakinya menandakan ada semangat nasionalisme dini di dalam hati masing-masing siswa.

Tidak ada komentar: