VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Jumat

ALAM LAUT BANGSRING

Scout SMP Negeri 2 Banyuwangi 
on Bangsring Underwater

Penghijauan: Menanam bibit kelapa
     Hari Rabu, 3 Juni 2015 sebanyak 50 anggota PRAMUKA SMP Negeri 2 Banyuwangi melakukan kegiatan mengenal lingkungan bawah lau di BUNDER (Bangsring Underwater) Banyuwangi. Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir pelajaran 2014/2015 yang berakhir di bulan Juni ini, untuk itu kegiatan  akhir PRAMUKA yang difokuskan di Bangsring ini diharapkan menjadi momen yang tepat bagi anggota PRAMUKA untuk melakukan intropeksi diri tentang potensi laut Indonesia secara khusus yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu juga anggota PRAMUKA juga melakukan kegiatan penanaman bibit pohon kelapa sebagai gerakan simbolis PRAMUKA turut peduli pada lingkungan, baik lingkungan di darat maupun leingkungan yang berada di lautan.
     Seperti yang dijelaskan oleh bapak Haji Ikhwan sebagai salah seorang pemuda pelopor tahun 2013 mengungkapkan pusat konservasi bawah laut ini meliputi kegiatan konservasi terumbu karang, dengan semakin berkembang dan suburnya terumbu karang diharapkan biota laut semakin lestari dan dapat menjadikan sumber ekonomi wargasekitar. Perlu diketahui selain konservasi bawah laut, juga telah dilakukan konservasi ikan Hiu.
Snoorkling: menyelam sambil lihat biota laut
     Dari pusat kota Banyuwangi, Bangsring Underwater jauhnya kuranglebih 25 km yang dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan. Hanya saja ketika kita sampai di Bangsring Underwater tidak akan tampak seperti alam wisata lainnya, yaitu tanpa baliho, tanpa penunjuk arah yang jelas, ketika ditanyakan ke petugas tujuannya adalah untuk mempertahankan suasana alami.
     Bangsring Underwater merupakan konservasi bawah laut yang dikelolah mandiri oleh Kelompok Nelayan Bangsring, sarana yang terlihat adalah beberapa boat yang menjadi alat transportasi untuk menuju ke kolam apung dengan waktu menyeberang tidak lebih dari 3 menit sudah sampai pada kolam apung yang di dalamnya terdapat kolam berisi beberapa jenis ikan hiu ukuran dewasa dan kecil. Untuk kolam yang berisi hiu kecil para pengunjung diperbolehkan berenang bersama hiu kecil. Untuk pengunjung yang ingin menyelam juga diperkenankan melakukan penyelaman dengan peralatan selam yang sudah disediakan.

2 komentar:

SEMANGAT BANYUWANGI mengatakan...

mantabbb gan :D

www.semangatbanyuwangi.com

absor ulloh mengatakan...

Maju trus scout smp n 2 bwi...