VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Minggu

PEKAN SENI PELAJAR BANYUWANGI 2015

Pekan Seni Pelajar 2015 di Banyuwangi

Pembukaan Pekan Seni Pelajar ke 7 TH 2015
     Pekan Seni Pelajar ke 7 di Kabupaten Banyuwangi telah dibuka dengan meriah, acara pembukaan yang bertepatan pada hari Minggu, 31 Mei 2015 diikuti oleh peserta dari berbagai Kota/Kabupaten Se Jawa Timur. Kegiatan dua tahunan ini mampu memberikan semangat berkesenian, berbudaya bagi masyarakat Banyuwangi khususnya dengan diikuti peserta dari 38 Kota/Kabupaten dan dihadiri oleh beberapa pejabat yaitu Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Bapak Katjung Marijan, Wakil Gubernur Gus Ipul, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Bapak Saiful Rahman, dan para walikota/bupati peserta Pekan Seni Pelajar.
     Dipilihnya Banyuwangi karena beberapa alasan yaitu Kabupaten Banyuwangi merupakan Juara 5 (lima) besar dalam kegiatan PSP dua tahun yang lalu dan juga ketersediaan sarana prasarana yang dirasa cukup memadai, dalam kepanitian PSP ke 7 tahun 2015 ini tidak melibatkan Event Organizer (EO) dan seperti kegiatan lainya selama berlangsungnya Banyuwangi Festival seperti Tour de Banyuwangi Ijen, dan festival lainya yang banyaknya 36 event festival sama sekali Banyuwangi tidak melibatkan EO, sehingga ada penghematan anggaran seperti contohnya kegiatan Tour de Banyuwangi Ijen dengan melibatkan seluruh komponen pemerintahan dan kegotong royongan masyarakat kegiatan balap sepeda selevel Internasional ini hanya menelan biaya dikisaran 4 - 5 miliar saja.
     Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, PSP merupakan sebuah event positif bagi pelajar sebagai kegiatan aktualisasi diri. "Kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak hanya menyalurkan bakat dan minat tapi juga dapat menumbuhkan kepercayaan diri para pelajar untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat di masa yang akan datang", kata Anas. Selain itu pekan seni pelajar juga menjadi ajang bertemunya para pelajar se Jawa Timur untuk saling mengenal kesenian daerah masing-masing. Mereka juga dapat salinng mengukur kemampuan bakat dan seinya.
     Acara pembukaan ini dibuka dengan kolaborasi tari kolosal dari berbagai seni yang berada di propinsi Jawa Timur sehingga acara pembukaan di depan kantor Bupati Banyuwangi dan sampai finis di Taman Blambangan berlangsung meriah di samping itu pula pelajar Banyuwangi juga menghadirkan paduan suara dari SMAN Giri Banyuwangi, dan seni hadrah SDN Lateng, serta gamelan dari SDN Kepatihan, dan juga drumband dari SMP Negeri 2 Banyuwangi. Untuk memeriahkan PSP 2015 ini juga dilangsungkan pameran pendidikan di Taman Belambangan sampai dengan berlangsungnya kegiatan PSP.
     Ada sembilan kegiatan lomba dalam PSP ini yaitu samroh, paduan suara, baca puisi, teater, tari dan musik tradisi. Selain itu juga ada lomba lukis tingkat SD, lukis poster setingkat SMP, design tekstil untuk SMA. Seluruh lomba akan ditempatkan di sejumlah venue yang telah ditetapkan panitia. Misalnya di Taman Sritanjung untuk lukis SD, Taman Blambangan lukis poster SMP, SDN Kepatihan design batik SMA, pantai Boom untuk Samroh, SMAN 1 Giri untuk paduan suara dan SMKN 1 Banyuwangi untuk baca puisi, SMPN 1 Giri dan SMKN 1 Glagah untuk teater, STIKES Banyuwangi untuk lomba Tari dan Aula Dinas Pendidikan untuk musik tradisi. Perlu diketahui juga untuk SMP Negeri 2 Banyuwangi juga mengirimkan duta untuk lomba puisi, semoga saja dalam PSP 2015 ini SMP Negeri 2 Banyuwangi dapat memberikan nama harum untuk Kabupaten Banyuwangi. Meski sekolah tidak dapat memenuhi target meraih juara mewakili Banyuwangi, namun berita membanggakan bahwa Kabupaten Banyuwangi dalam PSP prestasinya meroket dibanding tahun lalu, kontingen Banyuwangi menahbiskan dirinya sebagai runner up dengan perolehan poin 70. Juara umum diraih kota Surabaya dengan total nilai 82. Untuk dua tahun lalu Banyuwangi menempatiposisi empat.

Tidak ada komentar: