VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Minggu

Aktivitas Sekolah

Sepekan Aktivitas Kreativitas SMP Negeri 2 Banyuwangi

SMP Negeri 2 Banyuwangi
    Sepekan sibuk dalam aktivitas kreativitas patut di sematkan bagi sekolah yang beralamat di Jalan Ranggawuni 41 Banyuwangi ini, dalam waktu sepekan ini sekolah mengikuti berbagai kegiatan seperti gladih bersih simulasi UNBK tanggal 19 - 21 Maret 2018. Setelah gladih bersih simulasi UNBK pada hari Kamis, 22 Maret sekolah mengikuti FLS2N dan PSP, selanjutnya Sabtu, 25 Maret kegiatan OSN di SMP 1 Cluring dan kegiatan Fashion "Green and Recycle Fashion Week" di Pantai Cacalan, masih belum cukup agenda kegiatan dalam pekan ke tiga bulan Maret ini ditutup dengan ikut berperan sertanya siswi SMP Negeri 2 Banyuwangi dalam kegiatan Pemilihan Jebeng Thulik.
    Khusus ajang "Green and Recycle Fashion Week" kali ini bertemakan "Beautiful Trash", seperti namanya kegiatan fashion ini menampilkan karya-karya terbaik peserta yang berasal dari bahan-bahan daur ulang seperti plastik atau pun kertas yang di sulap menjadi barang seni, berguna dan bernilai tinggi. Dalam pembuatan desain dan produksinya, semuanya di rancang dan di buat sendiri oleh siswa.
    Ajang kreativitas siswa perlu mendapatkan support luar biasa yang asalnya tidak hanya dari sekolah saja namun juga berasal dari orang tua siswa. Setiap sekolah memiliki strategi masing-masing dalam pembinaan. Ajang kompetisi sekolah terbagi atas kegiatan akademis dan non akademis, bagi sekolah dengan input tidak terlalu baik mungkin hanya mengandalkan prestasi dalam kompetisi non akademis saja, namun sekolah tidak harus serta merta mengamini dengan input yang tidak baik, maka kompetisi yang harus di tingkatkan hanyalah non akademis saja.
    Banyak cara untuk meningkatkan prestasi akademis siswa, salah satunya dengan  membuat kelas "unggul". Kelas "unggul" merupakan kelas yang dipersiapkan untuk menjadi contoh bagi kelas lainnya dan bisa juga membantu kelas lain dengan berperan sebagai kelas tutor sebaya. Bisa saja regulasi yang seperti ini tidak diakui bahkan di nilai "ilegal" karena tidak sesuai dengan keadilan siswa dalam mendapatkan pemerataan pengetahuan. Alasan bisa saja tepat, namun sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi akademis sekolah serta sebagai bagaian strategi pemerataan kompetisi perlu dilakukan pembentukan kelas yang siap untuk mengangkat potensi sekolah dalam kompetisi akademis yang biasa di sebut dengan olimpiade.
    Pembuktian keberhasilan kompetisi akademis sekolah, bisa dilihat dari berapa peringkat sekolah dalam tiap kompetisi OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat kabupaten, adakah peningkatan dari prestasi tahun-tahun terdahulu? Melihat prestasi yang bisa saja naik bisa saja turun tergantung pada pembinaan sekolah masing-masing, apakah berlangsung secara berkelanjutan, rutin ataukah sekedar mematahkan kewajiban saja karena bagaimanapun sekolah tidak mungkin dapat bersaing dengan sekolah dengan input yang baik.
    SMP Negeri 2 Banyuwangi dalam ajang OSN, seharusnya lebih siap dalam menghadapi agenda kegiatan rutin tiap tahun. Karena di sekolah ini terdapat kelas unggulan, penciptaan kelas unggulan sendiri untuk saat ini masih mengacu pada sistem kelas akselerasi dan bukan diciptakan sebagai kelas olimpiade. Dengan dasar kelas akselerasi yang tidak tepat, maka sudah selayaknya kelas "unggul" dirubah sistem pembelajarannya menjadi kelas olimpiade.
    Berbeda dengan kompetisi akademis, bagi SMP Negeri 2 Banyuwangi kompetisi non akademis merupakan kompetisi andalan yang sudah menjadi trade mark sekolah. Tidak sedikit prestasi yang telah dihasilkan, sekolah ini sudah pernah meluncurkan atlit nasional seperti Nurohman pelari Nasional Indonesia, dan juga Adinda atlit silat PON Jatim, serta prestasi lain seperti juara propinsi Hocky, serta mewakili kabupaten Banyuwangi dalam perhelatan FLS2N tingkat Jawa Timur, dan mengirimkan duta seni tari tradisional Banyuwangi ke Istana Negara dalam malam resepsi HUT RI.
Pembimbing OSN SMP Negeri 2 Banyuwangi Kab. Banyuwangi tahun 2018
Pembina dan peserta OSN SMP Negeri 2 Banyuwangi Tahun 2018
Pembina dan Peserta Green and Recycle Fashion Week SMP Negeri 2 Banyuwangi
Jebeng Thulik SMP Negeri 2 Banyuwangi

   

Tidak ada komentar: