VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Minggu

Bioethanol dan Galasiswa

Bioethanol dan Gala Siswa Indonesia
SMP Negeri 2 Banyuwangi 

Energi Alternatif
   Kegiatan belajar mengajar tidak harus dilakukan di dalam kelas saja, sangat perlu melakukan kegiatan belajar di luar kelas yang berupa kegiatan nyata melalui kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum IPA kali ini tidak dilakukan di dalam laboratorium IPA tapi di lakukan di ruang terbuka kelas, adapun materi yang dipraktikan adalah membuat bioethanol dari tumbuhan.
    Ethanol merupakan senyawa Hidrokarbon dengan gugus Hydroxyl (-OH) dengan 2 atom karbon (C). Secara umum Ethanol dikenal sebagai Etil Alkohol berupa bahan kimia yang diproduksi dari bahan baku tanaman yang mengandung karbohidrat (pati) seperti ubi kayu, ubi jalar, jagung, sorgum, beras, sagu serta biji-bijian yang kemudian dikenal dengan istilah Bioethanol.
    Praktikum pembuatan Bioethanol ini merupakan kegiatan yang di bimbing oleh guru IPA SMP Negeri 2 Banyuwangi, dalam kegiatan praktikum ini bahan-bahan yang dipergunakan adalah dari biji-bijian serta buah yang dibawa oleh siswa seperti biji alpukat, durian serta buah naga, dari bahan bawaan siswa semuanya berhasil dan menghasilkan bioethanol, namun bahan yang dihasilkan siswa masih perlu dilakukan difurifikasi dulu dengan tujuan melepaskan unsur air sehingga nantinya di dapat pemurnian yang benar-benar murni ethanol 100%, ungkap ibu Hermin.
    Dalam aktivitas pameran akademis, sering kali SMP Negeri 2 Banyuwangi memaparkan karya siswa berupa, optimalisasi katul dan kulit kedelai untuk snack, pembuatan kecap dengan bahan non kedelai, eksperimen reproduksi mengawinkan ulat dan cacing, energi listrik dari buah lemon.
    Sementara itu di arena sepak bola yang dikemas dalam Gala Siswa Indonesia, SMP Negeri 2 Banyuwangi berhasil menjadi juara grup C setelah menundukkan kesebelasan SMP Muhammadiyah 3 Banyuwangi. Dari hasil positif ini pembina sepak bola bapak Hadi dan bapak Fatur mengharapkan prestasi kesebelasannya dapat terus meningkat, pasalnya kompetisi sepak bola bagi sekolah yang berada di jalan Ranggawuni ini merupakan keikutsertaan yang baru pertama kalinya, sementara ini SMP Negeri 2 Banyuwangi dalam prestasi puncaknya terletak pada keunggulan tim hocky serta tim bela diri.
SMP Negeri 2 Banyuwangi: Membuat Bioethanol
Eksperimen SMP Negeri 2 Banyuwangi
Tim Gala Siswa Indonesia SMP Negeri 2 Banyuwangi
Gala Siswa Indonesia Banyuwangi


Tidak ada komentar: