VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Selasa

AKREDITASI SEKOLAH

SMP Negeri 2 Banyuwangi 
Melaksanakan Akreditasi Sekolah 2019

Akreditasi SMP Negeri 2 Banyuwangi
    Akreditasi merupakan suatu proses yang berkesinambungan dari evaluasi diri, refleksi, dan perbaikan. Akreditasi diartikan juga sebagai proses evaluasi dan penilaian  mutu institusi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi yang bersangkutan, hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan sehingga layak untuk beroperasi dan menyelenggarakan program-programnya.
    Seperti halnya akreditasi yang telah sudah dilaksanakan, akreditasi menyangkut pada penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komperhensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. SMP Negeri 2 Banyuwangi pada Selasa, 21 Mei 2019 telah divisitasi oleh asesor akreditasi sekolah. Asesor yang melakukan visitasi sekolah berasal dari kota Probolinggo yaitu Bapak Musyafi', S.Ag, SH, M.Pd dan Bapak Gunawan Budiono, S.Pd, M.Pd.
    Dasar hukum dalam kegiatan akreditasi sekolah ini mengacu pada UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, PP No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 dan 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002. Tepat pukul 08.00 WIB tim asesor datang di sekolah dengan disambut oleh bapak/ibu guru beserta karyawan SMP Negeri 2 Banyuwangi, acara akreditasi yang bertepatan dengan kegiatan Penilaian Akhir Tahun ini berlangsung dengan baik dan didahului berupa acara penyambutan di Laboratorium IPA yang dihadiri oleh bapak/ibu guru dan karyawan dalam acara pembukaan ini berturut-turut memberikan sambuta diawali oleh kedua tim asesor, kepala sekolah dan dilanjutkan oleh ketua komite Bapak Wahyu Umar.
    Selanjutnya tim asesor berkeliling sekolah untuk melakukan observasi fisik sekolah yang berdiri di atas lahan seluas 12.950 meter persegi (1,2950 Ha) lokasi pantau terdiri dari Ruang BK, Ruang Seni Tari dan Gamelan, Ruang Komite, Ruang Kopsis dan Kantin, Ruang PMR/UKS, Ruang Pramuka, Ruang OSIS, Ruang Olah Raga, Ruang Drumband, Aula, Ruang Kelas, Ruang Perpustakaan, Musholla, Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, Ruang Lab. IPA dan Ruang Lab. TIK/CBT.
    Setelah melakukan observasi fisik sekolah, tim asesor melakukan observasi bukti kegiatan yang mencakup 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) sesuai Permen No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional yang terdiri dari 1. Standar Isi, 2. Standar Proses, 3. Standar Kompetensi Lulusan, 4. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, 5. Standar Sarana dan Prasarana, 6. Standar Pengelolaan, 7. Standar Pembiayaan, 8. Standar Penilaian Pendidikan.
    Akhirnya kegiatan akreditasi sekolah ditutup pada pukul 15.30 WIB dengan ditandai dengan kegiatan refleksi yang dilakukan oleh tim asesor. Dalam kegiatan penutupan ini juga di hadiri oleh bapak/ibu guru/karyawan yang setia menunggu serta melayani apa yang telah dibutuhkan oleh tim asesor termasuk dilakukan pembuktian untuk kelengkapan administrasi mengajarnya apakah sudah layak dan sesuai dengan silabus serta RPP yang telah di buat oleh seorang guru.
Observasi R. Kepala Sekolah oleh tim asesor
Sambutan tim asesor Bapak. Gunawan Budiono, S.Pd, M.Pd
Sambutan oleh Bapak. Musyafi;, S.Ag, SH, M.Pd
Sambutan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Banyuwangi Bapak Subiyantoro, M.Pd
Sambutan Ketua Komite SMP Negeri 2 Banyuwangi, Bapak Wahyu Umar
Kegiatan Observasi Dokumen 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Standar Pembiayaan
Standar Layanan Sarana Prasarana
Kehadiran Bapak/Ibu Guru/Karyawan SMP Negeri 2 Banyuwangi
Refleksi Tim Asesor SMP Negeri 2 Banyuwangi
Refleksi Tim Asesor SMP Negeri 2 Banyuwangi
Foto Bersama Tim Asesor Bersama Bapak/Ibu Guru/Karyawan SMP Negeri 2 Banyuwangi

Tidak ada komentar: