VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Selasa

SMP Negeri 2 Banyuwangi

 Vidcon Pengurus OSIS dan KOSN 2020


Di masa pandemi Covid-19 minggu pertama bulan November ini, SMP Negeri 2 Banyuwangi melaksanakan dua agenda kegiatan yaitu video conference melalui zoom meeting dengan calon pengurus OSIS dan Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2020.

Kegiatan vidcon via zoom meeting dilakukan dalam rangka uji visi misi dan program kerja dari calon pengurus OSIS tahun 2020/2021. Vidcon yang dilaksanakan pada tanggal 2 November ini dilakukan sebagai upaya menggali kemampuan calon pengurus OSIS dalam menyampaikan visi misi dan program kerja di hadapan kepala sekolah, urusan kesiswaan, dan pembina OSIS.

Untuk tahun organisasi 2020/2021 ada tiga pasangan calon yaitu paslon 1 Aurel Anastasya Danys 8C dengan Gading Ramadhana 8G, paslon 2 Athiyah 8H dengan Safira Diah Ayuningtias 8E, paslon 3 Meidinha Ayu Dwiyanti 8H dengan Vania Elvaretta 8E. Dalam sambutan sebelum dilakukannya kegiatan penggalian visi misi dan program kerja calon pengurus, kepala sekolah memberikan motivasi kepada tiga pasangan paslon dengan mengingatkan bahwa pengurus OSIS merupakan siswa-siswi pilihan yang berarti merupakan siswa/siswi memiliki kemampuan dalam berorganisasi sehingga siswa/siswi yang telah di percaya oleh OSIS lama setidaknya memiliki kepribadian yang unggul, semangat dan tidak setengah-setengah dalam mencapai tujuan.

Selanjutnya dari ketiga pasangan calon OSIS menyampaikan visi misi serta program kerja untuk periode kepengurusan tahun 2020/2021. Paslon 1 mengungkapkan visi misi dan program kerjanya adalah berupaya menciptakan suasana sekolah yang cinta keberagaman, cinta kelingkungan, suasana sekolah yang menyenangkan dan kondusif serta mengembangkan rasa sosial, tanggung jawab, saling menghargai kepada sesama keluarga besar SMP Negeri 2 Banyuwangi. Paslon 3, memiliki visi misi dan program kerja, mewujudkan siswa yang kreatif, peduli lingkungan dan taqwa kepada TUhan Yang Maha Esa. Untuk paslon 3, mengungapkan visi misi program kerjanya: Membentuk OSIS yang berkualitas, mewujudkan sekolah yang menjadi contoh dari sekolah lainnya, meneguhkan keimanan dan ketaqwaan, meningkatkan rasa kesetiakawanan, persaudaraan, budi pekerti luhur dan meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah.

Setelah masing-masing calon mengungkapkan visi misi program kerjanya. Moderator memberikan arahan tata tertib kegiatan. Dalam sesi ini terungkap beberapa ide, harapan dan upaya memajukan sekolah dengan berbagai usaha yang dapat di lakukan oleh ketiga pasangan calon seperti, mengupayakan kegiatan kewirausahaan OSIS dengan melakukan kegiatan bazaar di acara sekolah, meningkatkan kegiatan-kegiatan sosial berupa bhakti sosial dan membantu siswa yang memerlukan bantuan atau pun sedang berduka. Terungkap pula harapan untuk calon OSIS, agar ke depannya lebih disiplin, kreatif dan dalam kegiatan apapun selalu mendapatkan persetujuan orangtua.

Selain kegiatan vidcon OSIS, sekolah juga mengirimkan atlitnya. Pada masa pandemi Covid-19 kegiatan yang dilakukan adalah dengan cara virtual namun tidak mengurang esensi kegiatan kompetisi. KOSN merupakan Pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dasar yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Dari cabor KOSN yang diikuti, sekolah hanya mengrimkan satu atlit putra di cabang olah raga Karate dengan nomor lomba Kata. Dalam kegiatan KOSN tingkat kabupaten ini, SMP Negeri 2 Banyuwangi yang diwakili Rangga Dwi Putra Dermawan kelas 8G berhasil meraih juara 2. 

Selanjutanya di minggu pertama bulan November ini, sekolah juga melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan hasil bekerja sama antara sekolah dengan BNPB Kabupaten Banyuwangi. Penyemprotan disinfektan selama tiga hari ini merupakan kegiatan pencegahan terjadinya klaster baru dari sekolah. Tidak hanya dengan BNPB saja, sekolah juga pernah melakukan penyemprotan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Banyuwangi yang dilakukan pada saat kegiatan PPDB.

 
Juara 2 KOSN 2020 Cabor Karate

Vidcon OSIS SMP Negeri 2 Banyuwangi

Juri KOSN 2020

SMP Negeri 2 Banyuwangi

SMP Negeri 2 Banyuwangi

SMP Negeri 2 Banyuwangi