VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Sabtu

SEDEKAH OKSIGEN

Satu Jiwa Satu Pohon

Semangat menanam pohon untuk sedekah oksigen
Sabtu, 6 Desember 2014 di halaman SMP Negeri 2 Banyuwangi begitu meriah. Meriahnya hari ini karena sekolah mengadakan acara yang dikemas dalam Sedekah Oksigen dengan menanam Satu Jiwa Satu Pohon. Pohon yang ditanam adalah pohon palm kuning atau sebagaian masyarakat menyebut dengan palm seribu, tanaman palm ini memiliki nama latin Chrysalidocarpus lutescens. Tidak hanya menanam pohon palm saja, kegiatan sedekah oksigen ini juga dimeriahkan dengan lomba yel-yel yang diikuti seluruh warga kelas tujuh sampai sembilan.

Meskipun Hari Menanam Pohon jatuh pada  tanggal 28 November, namun tidak berarti menanam pohon untuk sedekah oksigen berhenti hanya di bulan November saja, salah satunya adalah SMP negeri 2 Banyuwangi yang tidak akan berhenti untuk menanam pohon. Mengapa sekolah ini memilih jenis palm kuning? Tentunya ada alasan tersendiri mengapa harus palm kuning.

Palm Kuning, merupakan jenis pinang-pinangan yang bisa tumbuh hingga 6 meter. Mempunyai kemampuan menyerap racun paling banyak di antara beberapa jenis palm yang ada. Tanaman ini cocok untuk di tanam di dalam ruangan dan di pinggir jalan salah satu yang terpenting adalah kemampuannya menyerap gas beracun dari asap kendaraan maupun pabrik. Dengan ketinggian 1,8 meter palm kuning mampu menghasilkan uap air 1 liter/24 jam dan menghisap zat beracun paling banyak. Kemampuan menyerap Trikkoroetilen-nya 16,520 microgram, sedangkan penyerapan benzena 34,073 microgram dan Formaldehida 76,707 microgram per 24 jam. Tanaman ini tergolong lengkap, karena mampu menyerap xylene maupun amonia dalam jumlah besar.

Tidak ada komentar: