VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Senin

KUNJUNGAN KE SMP NEGERI 2 BANYUWANGI

Kunjungan Rombongan Dewan Pendidikan
Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Kab. Pangkep)

     Rombongan Dewan Pendidikan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Kab. Pangkep) Sulawesi Selatan yang dijadwalkan tiba di SMP Negeri 2 Banyuwangi pukul 14.00 WIB ternyata molor hingga pukul 16.00 WIB, dalam rombongan yang di ketuai oleh Bapak Ridwan selaku Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pangkep diikuti oleh anggota DPRD Kabupaten Pangkep dari Komisi III, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pengawas, Kepala Sekolah, serta pemerhati pendidikan termasuk juga dari kalangan ulama.
     Tujuan dari kunjungan ke SMP Negeri 2 Banyuwangi adalah melihat aktivitas sekolah-sekolah di Banyuwangi yang telah memanfaatkan SMS Sekolah Gratis tanpa server. Dalam sambutannya Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pangkep menyebutkan bahwa "gaung" Kabupaten Banyuwangi telah menarik perhatian Bapak Bupati Pangkep terutama kegiatan pendidikan di Banyuwangi yang sudah berbasiskan TI, yang terutama Banyuwangi bagi masyarakat Kabupaten Pangkep mendapatkan sebutan Banyuwangi In Your Hand, ungkap Bapak Ridwan selaku Dewan Pendidikan Kabupaten Pangkep.
     Sementara itu Bapak Suratno sebagai Kabid Pendidikan SMP mewakili Kepala Dinas mengungkapkan, Banyuwangi memiliki banyak sekali sebutan salah satunya adalah Sunrise Of Java dalam kesempatan sambutan ini bapak Suratno juga menyampaikan jika ingin mengenal Banyuwangi lebih jauh, salah satu caranya mendownload aplikasi Banyuwangi In Your Hand, aplikasi ini sudah tersedia di play store dan langsung bisa di manfaatkan untuk mencari informasi berita tentang Banyuwangi.
     Pada sesi pemaparan penggunaan SMS Sekolah Tanpa Server yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Amin Udin (SMP Negeri 2 Banyuwangi) beserta Bapak Naif (SMP AL-Irsyad Banyuwangi) banyak mengungkapkan tentang penggunaan aplikasi SMS Sekolah Tanpa Server untuk mengabsen siswa, memberikan info pada guru, siswa mau pun orang tua, di samping itu juga bagaimana sekolah melakukan pengiriman tugas untuk siswa melalui HP, mengirimkan nilai dan juga mempergunakan CBT (Computer Basic Test) untuk kegiatan ujian sekolah. Dalam pemaparan ini nara sumber juga di bantu bapak Toni selaku programer dari www.kedunginfo.com.
     Keunggulan dari SMS Kedunginfo ini, untuk operator memiliki keleluasaan mempergunakan perangkat untuk SMS bisa mempergunakan HP Jadul, aplikasi Telegram atau pun mempergunakan website kedunginfo dan juga salah satu kelebihan dari kedunginfo yaitu menyediakan dan siap melayani absensi mempergunakan finger print, bar code, mau pun face detector.  Banyak sekali pertanyaan yang disampaikan oleh rombongan mulai dari masalah teknis, pemanfaatan program hingga pembiayaan apa dengan dana APBD ataukah mempergunakan dana dari masyarakat.
     Selanjutnya kegiatan berakhir pada pukul 18.00 WIB, dari kunjungan singkat ini rombongan mengaku sangat puas dan banyak membawa bekal yang sangat berharga untuk disampaikan kepada Bapak Bupati dan harapan kedepan pendidikan di Kabupaten Pangkep yang merupakan daerah kepulauan menjadi lebih maju terutama komunikasi dengan wilayah-wilayah yang tidak terjangkau oleh internet sekalipun.
SMP Negeri 2 Banyuwangi, menerima tamu dari Kab.Pangkep
Tukar Cinderamata
SMP Negeri 2 Banyuwangi, foto bareng rombongan dari Kab. Pangkep

Tidak ada komentar: