VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Rabu

HARDIKNAS 2018

Hari Pendidikan SMP Negeri 2 Banyuwangi
2 Mei 2018

HARDIKNAS 2018
   Upacara Bendera dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 berlangsung khidmat di halaman SMP Negeri 2 Banyuwangi dengan pembina bapak Ahmad Zainul Arifin. Dalam hari pendidikan nasional ini sekolah juga mengirimkan delegasi sebagai peserta upacara di Taman Blambangan sekaligus juga menjadi peerta pengisi stand pameran dengan menampilkan potensi keunggulan sekolah yaitu kantin kejujuran.
   Dalam pidato menteri pendidikan yang di bacakan pembina upoacara terungkap, bahwa dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini kita mengambil tema "Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan". Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.
    Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan. Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.
   Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Di sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional kita menghunjam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia. Di samping itu, disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita. Oleh sebab itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang.
    Demikianlah sepenggal sambutan menteri pendidikan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional, untuk delegasi stand pameran SMP Negeri 2 Banyuwangi menampilkan potensi sekolah dalam mengelolah kantin baik itu kantin sehat maupun kantin kejujuran. Stand SMP Negeri 2 Banyuwangi juga menjadi jujugan bupati Banyuwangi seusai menjadi inspektur upacara di Taman Blambangan.
Kunjungan Bupati Banyuwangi di Stand Pameran SMP Negeri 2 Banyuwangi
Malam Persiapan Stand Pameran Pendidikan SMP Negeri 2 Banyuwangi
Upacara Hari Pendidikan Nasional SMP Negeri 2 Banyuwangi
Suasana Ceria Usai Upacara HARDIKNAS SMP Negeri 2 Banyuwangi
Foto Bareng Petugas Upacara SMP Negeri 2 Banyuwangi
Dewan Galang SMP Negeri 2 Banyuwangi di depan Stand Pameran


Tidak ada komentar: