VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Rabu

Maulid Nabi 2018

SMP Negeri 2 Banyuwangi
Memperingati Maulid Nabi Muhammad, SAW

Festival Endhog Endhogan Banyuwangi
     Peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW merupakan salah satu perayaan penting bagi umat Islam di seluruh dunia, maulid merupakan peringatan yang menandai lahirnya utusan Allah, SWT yaitu Nabi Muhammad, SAW sebagai Rosul sampai akhir zaman. Sebelum acara inti dari maulid yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 November 2018 pukul 08.00 WIB, terlebih dahulu didahului dengan kegiatan hotmil Qur'an yang dilakukan oleh seluruh siswa.
     Mulai pukul 07.00 WIB, siswa berkumpul di Aula Ki Hajar Dewantara dengan mengikuti rangkaian acara berupa hotmil Qur'an, pembacaan berjanji, sholawat nabi dan acara awal dimeriahkan dengan Hadrah Al Kautsar SMP Negeri 2 Banyuwangi. Untuk menyambut kedatangan pengisi acara kerohanian, sekolah telah mengundang Gus Kholik yang merupakan ulama dari daerah kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.
     Kedatangan Gus Kholik disambut oleh bapak Subiyantoro, M.Pd selaku kepala sekolah dan didampingi oleh wakil kepala sekolah serta bapak/ibu guru SMP Negeri 2 Banyuwangi. Untuk menuju ke tempat kegiatan, rombongan di kawal oleh grup Drumband Satria Bumi Blambangan SMP Negeri 2 Banyuwangi.
     Dalam sambutannya bapak Kepala Sekolah menyampaikan serta mengharapkan untuk siswa siswi SMP Negeri 2 Banyuwangi dapat melakukan instropeksi diri dengan meneladani Rasulullah, dengan mencontoh prilaku Rasulullah maka dipastikan siswa siswi termasuk dalam golongan siswa yang memiliki kecerdasan mental, kecerdasan sosial dan religi yang kelak akan dapat merubah wajah dunia, ujar bapak Subiyantoro.
     Gus Kholik dalam materi maulid menyampaikan intisari kegiatan maulid ini adalah bagaimana kita dapat dengan sungguh-sungguh mencontoh diri Rosulullah karena didalam diri Rosulullah terdapat contoh yang baik bagi mereka yang mengharap ridho Allah dan percaya hari akhir dan banyak mengingat Allah, SWT. INtisari berikutnya adalah kejayaan negara ini karena ada keluhuran ahlak dan budi pekerti yang mulia, dan rusaknya dunia ini karena rusaknya dari sebuah budi pekerti manusia. Selanjutnya acara peringatan maulid di tutup dengan doa yang disampaikan oleh Gus Kholik sekaligus menandai selesainya rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad, SAW.
     Selain puncak pelaksanaan maulid di sekolah, SMP Negeri 2 Banyuwangi juga melakukan beberapa kegiatan yang diagendakan oleh pemerintah daerah yang di gelar di depan kantor bupati Banyuwangi pada Selasa, 20 November 2018, kegiatan tersebut adalah Festival Endhog Endhogan, Endhog Endhogan merupakan tradisi masyarakat Banyuwangi saat bulan maulid yaitu setiap peringatan maulid selalu menghadirkan telur yang diberi berbagai bentuk ragam dan macam hiasan.









Tidak ada komentar: