VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Jumat

Zero Plastic SMP Negeri 2 Banyuwangi

Deklarasi Launching Zero Plastic
SMP Negeri 2 Banyuwangi

    Suasana pagi cukup cerah dan ceria, hari Jumat tanggal 13 September merupakan waktu spesial bagi seluruh keluarga SMP Negeri 2 Banyuwangi. Apa yang menyebabkan spesial adalah di deklarasikannya Zero Plastik atau launching zero plastic. Hal tersebut sesuai dalam surat edaran Bupati Banyuwangi tertanggal 16 Agustus 2019 Nomor 510/1826/429.104/2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.
    Salah satu yang tertuang dalam surat edaran tersebut , pertama menggunakan kantong plastik atau bioplastik ramah lingkungan. Kedua, setiap retail wajib memasang spanduk/banner himbauan pengurangan penggunaan kantong plastik. Kedua, mengurangi penggunaan bahan styrofoam serta bahan plastik untuk wadah atau kemasan. Ketiga, membatasi wadah dan atau alat makan atau minum sekali pakai. Keempat, melakukan daur ulang sampah plastik.
    Diawali senam pagi tepat pukul 07.00 WIB seluruh siswa dan guru berbaur di lapangan sekolah. Kegiatan launching zero plastic dihadiri oleh bapak Winarno sebagai Kepala Kelurahan Kebalenan dalam sambutannya bapak lurah menyampaikan rasa bangga dan terima kasih sedalam dalamnya karena sekolah SMP Negeri 2 Banyuwangi turut mensukseskan apa yang disebut dengan zero sampah yang sebagai salah satu upaya mengurangi banyaknya sampah plastik, seperti diketahui plastik tidak dapat langsung terurai dan melapuk. Disampaikan pulah oleh bapak lurah, untuk memasyarakatkan kesadaran memerangi sampah plastik perlu di dukung oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari lingkungan keluarga, RT/RW, pengusaha hingga kalangan pemerintahan, ujar bapak lurah penuh semangat.
    Menyambung dengan sambutan yang dilakukan oleh bapak lurah, Bapak Subiyantoro sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Banyuwangi mengungkapkan gerakan zero plastik harus didukung penuh oleh keluarga besar sekolah, salah satu dukungan tersebut adalah membiasakan guru membawa wadah minuman sendiri termasuk siswa dan kantin diharuskan bebas dari plastik. Masih menurut kepala sekolah yang di bulan November sudah memasuki masa pensiun ini mengungkapkan dalam menjual jajanan atau pun minuman kantin yang pernah menjuarai kantin sehat se Kabupaten Banyuwangi harus siap dengan segala konsekuensinya menjual makanan dan minuman yang tidak mengandung plastik.
    Puncak acara launching zero sampah plastik di tandai dengan penandatanganan deklarasi oleh Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Banyuwangi serta Bapak Kepala Kelurahan Kebalenan, selesai penandatanganan deklarasi dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara serta foto bersama bahwa SMP Negeri 2 Banyuwangi sepakat untuk menjadikan sekolah yang bebas sampah plastik.



Tidak ada komentar: