VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Sabtu

COMPUTER BASED TEST (CBT)

Ujian CBT di Kelas Unggulan
SMP Negeri 2 Banyuwangi


CBT Kelas Unggulan SMP Negeri 2 Banyuwangi
     Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK/CBT berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
     Penyelenggaraan UNBK/CBT pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK/CBT pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK/CBT dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.
Penyelenggaraan UNBK/CBT saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).
     Karena CBT ini merupakan sistem yang baru diterapkan di dunia pendidikan di Indonesia maka kelas unggulan SMP Negeri 2 Banyuwangi hadir berinisiatif membantu siswa-siswi lebih mengenal sistem tes CBT yang bekerjasama dengan kedunginfo.com sebagai penanggung jawab kegiatan dari pihak sekolah di komandani oleh bapak Muisman, M.Pd selaku Koordinator Bidang Pengembangan dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Kegiatan CBT ini dilaksanakan mulai hari Jumat, 27 Mei hingga Senin, 30 Mei 2016 kegiatannya dilaksanakan di kelas unggulan masing-masing dengan berbagai peralatan yang dipergunakan berupa tab, laptop ataupun smartphone yang dimiliki oleh siswa. Kegiatan CBT ini diikuti oleh siswa kelas 7dan 8 kelas umggulan yang terdiri dari total 80 siswa yang tersebar di kelas 7A dan 8B. Materi yang di CBT kan adalah materi ujian nasional yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.
 


Tidak ada komentar: