VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Sabtu

SMP Negeri 2 Banyuwangi: BEC 2016

The Legend of Sritanjung Sidopekso
SMP Negeri 2 Banyuwangi: BEC 2016

Kesiswaan berpose dengan Bupati Banyuwangi
     Banyuwangi Ethno Carnival  digelar pada Sabtu, 12 November 2016 agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi kali ini bertemakan The Legend of Sritanjung Sidopekso. Tema tersebut merupakan sebuah tema yang diambil dari cerita rakyat tentang asal usul Banyuwangi, awal cerita rakyat ini berkisah jatuh cintanya sang raja pada istri sang patih. Sang raja yang bernama Sulahkromo secara diam diam jatuh cinta pada istri sang patih Sidopekso, istri sang patih yang cantik dan bertutur bahasa halus ini bernama Sritanjung.
     Jatuh cinta sang raja ternyata memberikan ide buruk untuk segera memberikan tugas yang tidak biasa dan tidak mungkin dapat dilaksanakan oleh manusia biasa, namun karena patih Sidopekso tidak memiliki rasa curiga apapun tetap menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab, disiplin dalam melaksanakan tugas sang raja. Setelah patih Sidopekso berangkat mulailah raja Sulahkromo merayu Sritanjung istri patih Sidopekso, Sritanjung. Karena ketulus cintaannya pada patih Sidopekso, raja tidak dapat meluluhkan hati Sritanjung.
     Saat patih Sidopekso pulang menghadap raja, mulailah raja memfitnah bahwa Sritanjung tidak lagi setia pada Sidopekso, singkat cerita patih Sidopekso membunuh Sritanjung, namun sebelumnya Sritanjung berpesan jika air sungai yang berbau busuk maka dirinya melakukan perbuatan menghianati cinta patih Sidopekso dan jika air sungai berbau harum atau wangi maka putri Sritanjung tidak bersalah.
     Singkat cerita ternyata pengorbanan putri Sritanjung membuat patih Sidopekso merasa bersalah, menyesal dan setengah linglung, karena berlahan-lahan air sungai yang keruh dan busuk menjadi jernih dan harum. Mulailah ada perasaan bersalah, menyesal pada diri patih Sidopekso yang dengan suara keras sang patih menjerit banyu....wangi, banyu....wangi. Hingga munculah sebuah nama kota kabupaten di ujung pulau Jawa yaitu Banyuwangi.
     Itulah sekilas cerita rakyat/legenda Banyuwangi, khusus untuk SMP Negeri 2 Banyuwangi saat ini ada dua siswa yang mengikuti kegiatan Banyuwangi Ethno Carnival 2016 yaitu nanda Yuranna dan Muhammad Rafli. Kedua siswa tersebut sudah tidak asing dengan dunia modeling atau fashion show karena berturut-turut siswa kelas 8 ini antusias, semangat dan aktif mengikuti setiap kegiatan modelling / fashion show. Selanjutnya nanda Moh. Rafi Rausyian Fikri dinobatkan menjadi juara IV.
     
BEC SMP Negeri 2 Banyuwangi: Putri Sritanjung
BEC SMP Negeri 2 Banyuwangi: Sidopekso
BEC SMP Negeri 2 Banyuwangi: Rafli on Action









BEC SMP Negeri 2 Banyuwangi: Mantab

BEC: Putri Sritanjung


    

1 komentar:

rental mobil banyuwangi lepas kunci mengatakan...

Kami Adreena Transport Banyuwangi, menyediakan sewa mobil di Banyuwangi dengan supir yang selalu menemani perjalanan anda selama liburan. Jika anda ingin rental tanpa supir untuk rental mobil murah di Banyuwangi. Kami sediakan jasa gratis antar jemput mobil di wilayah Banyuwangi kunjungi http://www.adreenatransport.com/