VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Minggu

GANDRUNG SEWU

Gandrung Sewu SMP Negeri 2 Banyuwangi

Welcome To Banyuwangi
     Bertempat di Pantai Boom Banyuwangi, SMP Negeri 2 Banyuwangi mengirimkan penari gandrung terbaiknya dalam Festival Gandrung Sewu yang digelar pada hari Minggu, 8 Oktober 2017. Festival tahunan kali ini mengambil tema Kembang Pepe. Seperti dalam tema-tema terdahu, pagelaran Gandrung Sewu identik dengan nilai-nilai perjuangan rakyat Banyuwangi dalam melawan penjajahan. Dikisahkan sejak jaman dulu perjuangan masyarakat Banyuwangi tetap terjaga melalui kegiatan seni yaitu seni gandrung, pada masa lampau penari gandrung selalu ditarikan oleh penari laki-laki seiring sejalannya waktu akhirnya penari gandrung yang ada hingga kini di dominasi oleh penari wanita.
     Penari yang dikirimkan oleh SMP Negeri 2 Banyuwangi sebanyak delapan penari diantaranya ada empat penari yang pernah tergabung dalam peringatan HUT RI ke 72 di Istana Negara. Kedelapan penari gandrung tersebut diantaranya Yuranna Ayrila Maharani 9F, Nabila Rinika Ramadani 9H, Atika Wahyu Rahmadiani 9A, Feni Dwi Handayani 8F, Suci Intan 8D, Yasinta Febriani 8G, Citra Aulia 8H, dan Winda Ayu 7E.
     Untuk tema Festival Gandrung Kembang Pepe ini menurut Abdullah Fauzi,menceritakan tentang perjuangan pejuang Blambangan saat itu dalam melawan penjajah, mereka bergerilya dan membunuh penjajah dengan tipu daya dan muslihat. Mereka menggelar pertunjukkan Barong dan Gandrung yang kemudian mengajak Belanda minum minuman keras, setelah teler mereka membawa pasukan Belanda ke laut atau pun gunung untuk diseksekusi, ungkap salah satu penyair Banyuwangi dalam detik.com (6/10/2017)
     Festival Gandrung Sewu kali ini di gelar dengan melibatkan kuranglebih 1.286 penari yang berasal dari seluruh Kabupaten Banyuwangi yang meliputi pelajar SMP, SMA dan umum. Perlu diketahui saat ini tari Gandrung merupakan tarian khas asli Banyuwangi telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Festival Gandrung Sewu
SMP Negeri 2 Banyuwangi: Gandrung Sewu
SMP Negeri 2 Banyuwangi: Pose Kumpul Bareng Penari Gandrung


Tidak ada komentar: