VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Sabtu

USBN CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi

USBN CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi
1 - 8 April 2019

RTH SMP Negeri 2 Banyuwangi
    Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan POS Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. POS USBN dan UN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN 2019. Secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaannya hanya pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta.
    SMP Negeri 2 Banyuwangi memulai kegiatan USBN dari tanggal 1 sampai dengan 8 April 2019 dengan mempergunakan sistem Computer Basic Test (CBT), sesuai dengan ketentuan yang berlaku tentang keterkaitan soal yang dipergunakan adalah 90 % pilihan ganda dan 10 % soal uraian, serta soal dari pusat sebanyak 20 hingga 25 %. Sisanya, 75 hingga 80 % soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah, seperti yang diungkapkan Ketua BSNP Bambang Suryadi.
    Adapun kegiatan USBN CBT ini terbagi dalam 3 sesi kegiatan dengan melibatkan satu proktor utama dan enam proktor serta satu teknisi. Proktor Utama, bapak Tri Haryanto dibantu enam proktor diantaranya Eva Kartika Yunita, S.Pd, Ikromatus Sholihah, S.Pd, Khumairoh Rina, S.Pd, Ria Oktavia, S.Pd, Marifatul Kholifiah, S.Pd, dan Aulia Azmi, untuk teknisi Ahmad Amin Udin, S.Pd, S.ST. Mata pelajaran USBN yang dilaksanakan di hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama di hari kedua dan seterusnya berturut-turut mata pelajaran Matematika - PKn, Bahasa Inggris - Bahasa Jawa, IPA, IPS - Pendidikan Jasmani, dan Seni Budaya - Prakarya.
    Di sela kegiatan USBN, sekolah juga mengirimkan 3 siswa berprestasi di bidang Pendidikan Agama Islam untuk mengikuti kegiatan MTQ dan MHQ yang dipanitiai oleh MGMP Pendidikan Agama Islam di kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi tanggal 6 April 2019.
    Dengan berakhirnya kegiatan USBN bukan berarti tuntaslah seluruh kegiatan siswa, namun masih ada kegiatan pengayaan untuk mata pelajaran UN yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan tujuan semakin siapnya siswa kelas sembilan dalam menghadapi ujian nasional. Untuk UNBK tahun 2019 ini merupakan tahun kedua sekolah melaksanakan UNBK secara mandiri mempergunakan komputer, dimana dua tahun sebelumnya tahun 2017 sekolah masih mengikuti UNBK di SMK Glagah Banyuwangi. 
Proktor SMP Negeri 2 Banyuwangi
USBN CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi
USBN CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi
  
Pengawas USBN CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi
Pengawas USBN CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi
Pengawas USBN CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi
MTQ SMP Negeri 2 Banyuwangi
Pembina MTQ/MHQ SMP Negeri 2 Banyuwangi

     
     

Tidak ada komentar: