VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERPRESTASI, BERMORAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Kamis

STUDI WISATA

STUDI WISATA SMP NEGERI 2 BANYUWANGI 
DI MARGO UTOMO ECO RESORT DAN WADUK SIDODADI GLENMORE

Studi Wisata SMP Negeri 2 Banyuwangi
    Studi wisata merupakan salah satu alat pembelajaran yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan sebagai sarana untuk mengembangkan pikiran/wawasan pelajar, mengingat selama ini siswa lebih banyak belajar materi di dalam kelas. Untuk itulah dalam rnngka membuka wawasan pengetahuan siswa perlu sekali di lakukan pengenalan lingkungan pengetahuan di luar kelas. Seperti apa yang diungkapkan oleh Ketua Pengembangan Sekolah yang sekaligus sebagai Waka Kurikulum, SMP Negeri 2 Banyuwangi dalam kegiatan Studi Wisata di Margo Utomo dan Waduk Sidodadi ini merupakan salah satu upaya untuk mengaplikasikan lima mata pelajaran yang di dapat yaitu mengembangkan materi IPS, IPA, Bahasa Indonesisa, Bahasa Inggris serta Matematika.
    Kegiatan Studi Wisata ini berangkat pada hari kamis tanggal 30 November 2017 di depan Kantor Bupati Banyuwangi pukul 07.00 WIB dilepas oleh orang tua wali murid sekaligus dihadiri ketua komite sekolah. Sasaran pertama adalah Margo Utomo Eco Resort dan selanjutnya menuju ke Waduk Sidodadi Glenmore. Sepanjang jalan terlihat siswa-siswi yang terdiri dari kelas 7A, 8A dan kelas 9 A semangat untuk mengikuti rangkaian acara termasuk bapak/ibu guru pendamping yang turut menjadi pembimbing dalam penyusunan laporan kegiatan siswa.
    Berbekal serangkaian program laporan siswa, sampailah rombongan Studi Wisata SMP Negeri 2 Banyuwangi tiba di Margo Utama Eco Resort yang disambut hangat oleh pihak Margo Utomo. Dalam keterangannya Margo Utomo merupakan usaha keluarga yang berdiri sejak tahun 1945 dengan luas lahan 9 Ha, usaha di dalamnya terdiri dari kegiatan perkebunan, peternakan, produksi susu dan keju serta kegiatan usaha hotel. Dengan di pandu oleh pihak Margo Utomo, peserta studi wisata diajak keliling sebagai bagaian dari kegiatan studi, di perkebunan siswa di ajak untuk mengenali berbagai macam jenis-jenis tanaman perkebunan seperti kopi, kayu manis, pala, cengkih, vanili, merica, kakao, hingga tanaman buah seperti salak, dan durian. Selanjutnya untuk peternakan, siswa dikenalkan dengan kegiatan peternakan sapi perah, termasuk hasil produksi yang dihasilkan seperti susu dan keju.
    Puas keliling di perkebunan dan peternakan sapi perah siswa di ajak keliling usaha perhotelan di Margo Utomo yang sejuk, rindang dan asri dengan aroma bunga kopi serta pala menambah suasana udara siang tetap segar. Selanjutnya di akhir kegiatan siswa menerima hadiah berupa sebotol susu sapi berbagai rasa serta dua roti asli produksi chef Margo Utomo.
    Selepas melakukan Sholat Dzuhur, rombongan studi wisata melanjutkan perjalanan ke Waduk Sidodadi Glenmore.Waduk Sidodadi terletak di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore, wilayahnya termasuk dalam PTPN XII tepatnya di Afdeling Sidodadi sehingga waduk ini dinamakan Waduk Sidodadi. Posisi waduk ini berada di bagian timur Jalan Lintas Selatan yang sekaligus sejalur dengan Pabrik Gula Glenmore dimana pabrik gula ini diproyeksikan sebagai pabrik gula terbesar dan termodern di Indonesia. Seiring waktu ketika pabrik mulai produksi dan dengan terealisasikannya Jalan Lintas Selatan dengan panjang 660 km yang melewati delapan kabupaten, mulai dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan akan semakin lancar pula perekonomian khususnya industri gula termasuk kegiatan wisata di Banyuwangi yang semakin baik dan berkualitas.
Pembimbing Studi Wisata SMP Negeri 2 Banyuwangi
Foto Siswa Bersama Pembimbing Studi Wisata SMP Negeri 2 Banyuwangi
Studi Wisata SMP Negeri 2 Banyuwangi di Margo Utomo
Menerima Hadiah
Outdoor Learning SMP Negeri 2 Banyuwangi
Istirahat dulu
SMP Negeri 2 Banyuwangi: Waduk Sidodadi Glenmore Banyuwangi

   
    

Tidak ada komentar: